Pada perancangan hardware ini menggunakan rangkaian comparator, yang merupakan salah satu penerapan dari fungsi op-amp. Salah satu ciri dari rangkaian comparator adalah tidak adanya umpan balik dari output ke input. Ciri lainnya yaitu adanya Vref pada salah satu inputan dan ground.
Gambar Rangkaian Dasar Pembanding (comparator)

Dari gambar diatas dapat diketahui persamaan sebagai berikut:
Prinsip kerja dari comparator adalah op-amp IC LM 311 akan membandingkan tegangan input (VI) dengan tegangan Vref. Vref dapat berupa tegangan positif maupun negatif.
  • Apabila pada Vref diberi tegangan positif, maka pada saat gelombang input berada di daerah 0 sampai –Vref atau gelombang input pada siklus negatif, maka tegangan output (Vo) akan dibuat mencapai Vo maks positif dan pada saat gelombang input berada di daerah 0 sampai +Vref atau gelombang input pada siklus positif, maka tegangan output akan dibuat mencapai Vo maks negatif.
  • Apabila pada Vref diberi tegangan negatif, maka pada saat gelombang input melebihi batas  negatif  tegangan (-Vref) maka tegangan output (Vo) akan dibuat tinggi (mencapai tegangan batas maksimum tegangan output positif. Pada gambar dibawah ini diperlihatkan respon gelombang output terhadap gelombang input dibandingkan dengan tegangan referensi (Vref).
Gambar Bentuk Gelombang Masukan di Comparator (a) dan bentuk keluarannya :
(b) dengan Vref  positif
(c) dengan  Vref  negatif

Post a Comment

  1. dok..minta gambarnya driver optocoupler dong????
    thanks

    ReplyDelete
  2. dok,bantuin dong?
    emailq b.harto49@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'komparator', please visit and read from this link,
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1471/1/10406646.pdf
    Thank you.

    ReplyDelete

 
Top