Resistor adalah komponen listrik yang berfungsi untuk membatasi jumlah arus listrik mengalir dalam suatu rangkaian.
Berdasarkan hukum ohm :



dimana,
V = Tegangan (satuan volt)
 I  = Arus Listrik (satuan ampere)
 R = Resistansi / Hambatan (satuan ohm atau Ω)


Berikut simbol resistor :





Nilai ohm pada resistor dapat diukur dengan multimeter atau dapat dilihat pada gelang warna resistor. Nilai ohm dibaca dari warna gelang yang paling depan ke arah gelang toleransi berwarna kuning, hijau, coklat atau emas. Biasanya warna gelang toleransi ini berada pada badan resistor yang paling pojok atau juga dengan lebar yang lebih menonjol, sedangkan warna gelang yang pertama agak sedikit ke dalam. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat seperti yang termuat pada gambar dibawah ini :


seperti contoh pada resistor paling atas(4-band color code) dengan warna merah, hijau, orange, dan emas. Bila dinilai pada gelang warna pertama dengan berwarna merah adalah 2
gelang kedua berwarna hijau adalah 5
gelang ketiga berwarna orange adalah x10 pangkat 3 atau 1000
dan gelang keempat berwarna emas mempunyai toleransi kurang lebih 5%
maka untuk penilaian dari resistor tersebut adalah 25KΩ atau 25000Ω dengan toleransi 5%.

Dan yang perlu diperhatikan bahwa dalam memilih resitor pada suatu rancangan selain besar resistansi adalah besar watt-nya. Karena resistor bekerja dengan dialiri arus listrik, maka akan terjadi disipasi daya berupa panas sebesar W=I2R watt. Semakin besar ukuran fisik suatu resistor bisa menunjukkan semakin besar kemampuan disipasi daya resistor tersebut. Umumnya di pasar tersedia ukuran 1/8, 1/4, 1, 2, 5, 10 dan 20 watt. Resistor yang memiliki disipasi daya 5, 10 dan 20 watt umumnya berbentuk kubik memanjang persegi empat berwarna putih, namun ada juga yang berbentuk silinder. Tetapi biasanya untuk resistor ukuran jumbo ini nilai resistansi dicetak langsung dibadannya, misalnya 100W 5W.

Post a Comment

  1. ok..dok,salam semarang!!!

    ReplyDelete
  2. Rules of Baccarat - Worrione
    The game rules for Baccarat are one in which a player 바카라 must first predict and place a certain number of septcasino bets to win a 인카지노 particular event.

    ReplyDelete

 
Top