Pengumuman adalah suatu informasi yang dibuat oleh seseorang agar orang lain tahu akan informasi yang akan disampaikan. Biasanya pengumuman disampaikan dalam bentuk suara, tulisan bahkan lembaran kertas. Karena perkembangan teknologi yang sangat pesat, informasi yang berbentuk lembaran kertas yang biasanya dipasang di dinding sering kali diabaikan atau tidak terbaca.
Contoh sebuah kasus, seorang dosen ingin membuat pengumuman untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliahnya. Dosen tersebut berada diluar kota karena suatu alasan tertentu yang tidak bisa ditinggalkan. Dosen tersebut menghubungi bagian Tata Usaha melalui telepon atau mengirim Short Message Service (SMS) untuk dibuatkan sebuah pengumuman, tetapi sering kali pengumuman yang dibuat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh dosen tersebut.

Berikut diagram blok dalam pembuatannya:


Prinsip kerja alat secara garis besar adalah sebagai berikut:
1. Pesan yang berupa pengumuman yang akan ditampilkan dikirim melalui sebuah handphone yang terpisah dari alat pengendali, dengan cara setiap pesan yang dikirim diakhiri tanda pagar ‘#’.
2. Setelah pesan yang berupa pengumuman tersebut dikirim maka handphone yang terhubung dengan alat pengendali tersebut akan menerima pesan tersebut, kemudian pesan tersebut akan diolah didalam mikrokontroller.
3. Setelah data yang ada diolah didalam mikrokontroller, data tersebut ditampilkan melalui dot matrix yang telah ada. Pesan yang ditampilkan melalui dot matrix tersebut akan tampak seperti berjalan karena pesan tersebut digeser sehingga seluruh pesan yang dikirim dapat dibaca secara keseluruhan.

Perangkat keras yang dibutuhkan dalam pembuatan tugas akhir ini terdiri dari beberapa blok bagian yaitu :
a. Catu daya

b. Sensor SMS (Short Message Service)


c. Sistem minimum mikrokontroler
d. Rangkaian driver dot matrix



 

Hasil Penelitian seperti pada gambar di bawah ini:


Tampilan pada Ponsel Pengirim

Tampilan pada Dot Matrix 1
  
Tampilan pada Dot Matrix 2

Post a Comment

  1. nice gan!!!!!!
    biayanya habis berapa?

    ReplyDelete
  2. mantep dok..tp mumet hahahahaha

    ReplyDelete
  3. susilobg: harga terjangkau,tidak sampai jutaan. kalo ada yg bisa dibantu PM saja.

    DAM-DAM: trimakasih sdh mampir.

    ReplyDelete
  4. Keren Dok...
    Kalo boleh tau Beli alat-alatnya dimana dok?

    ReplyDelete
  5. Friez: Terimakasih..Tentunya di Toko Elektronika,hehe..komponen-komponennya mudah dibeli dan sudah banyak dipasaran,jadi gak susah kq.

    ReplyDelete
  6. dok bsa ga krmin ke email saya ttg pembuatan , saya k pengen buad nya

    ReplyDelete
  7. dok saya ingin membuat pengumuman di toko saya , saya bisa ndak mesan produk pengumuman itu .....

    ReplyDelete
  8. dok bsa ga kirmin ke email saya tentang pembuatannya Dan coding nya Masikama_53@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. doc bisa tolong bantu yang lengkap sm coding,
    donal_saint@yahoo.com
    thanks doc pencerahannya

    ReplyDelete
  10. Muhardin mengatakan....
    doc gw ingin buat LA judul ini..,
    bisa kirimin data lengkap serta coding nya ngk...
    muhardin_muhammad@yahoo.com
    thanks solusinya doc

    ReplyDelete
  11. mas...bsa minta filenya...
    klw bisa tlong kirim ke alamat email ana....
    saddam_umar@ymail.com
    untuk ana belajar

    ReplyDelete
  12. Tolong kirim secepatnya ya dok...

    ReplyDelete
  13. Dok.. bole minta file buatnya yang lengkap ? untuk TA saya . Tolong dishare ke email saya ya dok asyarniwi@ymail.com . Tolong kirim secepatnya ya dok . Terima kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  14. nice share Dok..
    share juga donk Dok cara pembuatannya..
    biar ane bisa belajar buatnya.. :D
    hehee..

    ReplyDelete
  15. Kalau di tambah Output Suara Bisa atau tidak??

    ReplyDelete
  16. blh minta skematik dan program fullnya?

    email :

    fungkyking01@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  17. badrul: harap email saja.

    ervinalvian: output bisa diaplikasikan suara. silahkan email bila berminat.

    sourcekode: mohon ditunggu.

    ReplyDelete
  18. adri mengatakan:
    saya dah dapat scema nya,tapi isi program mikrokontollernya tidak tahu. sayaa memakai siemens c 45.tolong ya dok pencerahanya.
    tolong dok pernacangan nya dan source code nya. email nya :
    emaildenlupo@gmail.com

    ReplyDelete
  19. nice pak
    bolehkan ane minta file nya pak kirimin ke email ane ya ama source code nya ke tryfajarman@gmail.com
    tthx ya pak ... nice

    ReplyDelete
  20. Cara dan bahan"nya tlong di kirim ke email saya dok. Butuh bnget buat LTa levifortun96@gmail.com

    ReplyDelete

 
Top