Mungkin dari Anda belum tahu seperti yang dibuat dalam sistem aplikasi ini, untuk itu disini saya memberi kilasan dahulu. Anda tahu dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ada, maka kecepatan dan keakuratan dari suatu informasi sangat mutlak diperlukan. Nah, Informasi tersebut disajikan dalam berbagai media, termasuk yang berupa text misalnya artikel. Banyak artikel berita dengan berbagai kategori. Oleh karena itu, kebutuhan akan proses pengklasifikasian artikel secara otomatis, yaitu pengklasifikasian artikel ke dalam suatu kategori semakin diperlukan.
Adapun permasalahan yang melatar belakangi pembuatan sistem pengklasifikasian ini, misalnya:
1. Hampir 80% data online dalam format text.
2. Jumlah data suatu berita artikel meningkat dan hal ini tidak memungkinkan untuk membaca secara manual satu per satu karena setiap hari pasti terdapat berita-berita terbaru dari berbagai bidang.
3. Muncul kebutuhan untuk ekstraksi informasi secara otomatis dari kumpulan data tekstual yang besar.
Suatu aplikasi untuk mempermudah proses klasifikasi data atau artikel sesuai kategori. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode Text Mining. Text Mining merupakan metode pencarian informasi di dalam sekumpulan data yang jumlahnya besar.
Untuk memulainya, mari kita simak :
1. Untuk melakukan pengklasifikasian artikel, dipilih menu Start kemudian dipilih Classify. Maka akan muncul tampilan form baru seperti di bawah ini:

2. Untuk memilih dan menampilkan dokumen yang akan diklasifikasikan dipilih tombol “Browse”. Akan muncul jendela baru yang memudahkan pemakai sistem dalam mencari dokumen.

3. Setelah dokumen dipilih, ditekan tombol “Open”, maka dokumen akan ditampilkan di form Classify dan untuk mengetahui kategori dokumen yang telah dipilih , maka ditekan tombol “Classify”.

4. Maka kategori artikel akan muncul, seperti contoh di atas, dokumen yang ditampilkan setelah diklasifikasikan dengan data-data di database termasuk kategori Ekonomi.

Fungsi dari instruksi seperti yang diterangkan diatas adalah sebagian dalam aplikasi Text Mining ini, Jika anda berminat untuk melihat data-data yang lebih lengkap. Silahkan hubungi kami yang tertera di KONTAK KAMI.

Post a Comment

  1. bagus mas!
    ajarin yo?!hehe

    ReplyDelete
  2. Ki$$ me And Get Ki$$ Free daily at http://adsense-adward-info.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. menarik skli ni mas, softwarenya download dimana mas?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. ijin nyimak kawan,..keep posting :)

    ReplyDelete
  6. KEKEH: Makasih..Mari
    BELAJAR KOMPUTER: Silahkan PM..
    Bintang: Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Cek emailnya dok,ane lg butuh judul.
    tttthankkkyouu

    ReplyDelete
  8. Pake aplikasi apa neh mas??


    maklum aku gaptek gak tau apa2,,


    Salam Kenal

    ReplyDelete
  9. AnToX YYY: Terimakasih.
    Gaptek: Pakai Program Visual Basic,salam kenal juga.

    ReplyDelete
  10. saya lg buat sistem pencarian menggunakan delphi + oracle
    kalo untuk sistem pencarian bagusnya pake DM asosiasi apa classification om?

    ReplyDelete
  11. Anonim :Dengan metode menggunakan DM untuk sistem pencarian dapat diterapkan pada data yang volume besar..dan kalau menurut saya penggunaan sistem klasifikasi lebih umum dan lebih mudah dipahami dalam metodenya..kalau masalah bagusnya memang terserah dilihat dari segi kemudahan pengoperasiannya dan penerapannya.

    ReplyDelete
  12. wah, baru nemu, boleh minta aplikasinya ga mas?

    ReplyDelete
  13. permis saya boleh minta aplikasi nya ga mas untuk di kembangin. bisa di kirim ke email hafiz0205@gmail.com

    ReplyDelete
  14. sistem ini pake metode apa ya?

    ReplyDelete

 
Top